PENINGKATAN SERVICE MANAGEMENT DAN KEAMANAN INFORMASI BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3 : STUDI KASUS PADA STMIK PRANATA INDONESIA

Siti Nurmiati, SN (2010) PENINGKATAN SERVICE MANAGEMENT DAN KEAMANAN INFORMASI BERBASIS INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY VERSI 3 : STUDI KASUS PADA STMIK PRANATA INDONESIA. Masters thesis, Institut Sains dan Teknologi Nasional.

[img] Text
All Thesis S2 - Babu Anabul.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.istn.ac.id

Abstract

Informasi merupakan asset organisasi yang harus dilindungi keamanannya. Keamanan Informasi diterapkan untuk melindungi asset informasi dari berbagai ancaman untuk menjamin kelangsungan usaha, meminimalisasi kerusakan akibat terjadinya ancaman, mempercepat kembalinya investasi dan peluang usaha. Informasi menjadi semakin penting, hal ini dirasakan oleh sektor bisnis atau organisasi. Peningkatan ketergantungan organisasi pada sistem informasi sejalan dengan resiko yang mungkin timbul. Informasi menjadi suatu yang penting dan harus tetap tersedia dan digunakan serta terjaga keberadaannya dari pihak yang tidak berwenang yang akan menggunakan untuk kepentingan tertentu atau akan merusak informasi tersebut. Karena sangat pentingnya harga nilai suatu informasi menyebabkan informasi yang diinginkan hanya boleh diakses oleh orang-orang ataupun pihak-pihak tertentu saja. Informasi yang jatuh ke tangan pihak lain yang tidak berkepentingan, misal lawan bisnis dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi pemilik informasi tersebut, hilang atau jatuhnya informasi yang tidak diinginkan ke tangan lawan, mengenai produk yang sedang dikerjakan ataupun ide-ide yang sedang dibangun, oleh karenanya keamanan dari suatu sistem informasi sangatlah penting dan harus dijaminkan batasan-batasan orang yang dapat menerimanya. Penelitian ini mengenai strategi service management dan peningkatan keamanan informasi. Pada penelitian ini, standar untuk service management menggunakan framework ITIL versi 3, sedangkan untuk peningkatan keamanan informasi menggunakan ISO/IEC 27001 digunakan dalam mencari strategi untuk meningkatkan keamanan informasi pada STMIK Pranata Indonesia dan penelitian tersebut menghasilkan bahwa service management pada tingkat level 2 yaitu Repeatable, dan keamanan informasi pada STMIK Pranata Indonesia dalam tingkat level 2 yaitu Defined. Kata kunci : Keamanan informasi, ISO/IEC 27001, ITIL versi 3

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Kom. SITI NURMIATI ISTN
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:13
Last Modified: 11 Apr 2023 02:13
URI: http://repository.istn.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item