Analisis Tingkat Pemahaman Teknologi 3D Printing dan 3D Scanning Pada Dosen, Mahasiswa, SMA/SMK di Jakarta Selatan

Ardiansyah, Teddy and Ismawan, AR and Virgian, Edo Widi (2005) Analisis Tingkat Pemahaman Teknologi 3D Printing dan 3D Scanning Pada Dosen, Mahasiswa, SMA/SMK di Jakarta Selatan. Jurnal Karya Pengabdian, 7 (1). pp. 52-58. ISSN 2658068

[img] Text
Combined_JKP_Vol7_No1_2025.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jkp.unram.ac.id/index.php/JKP/article/view...

Abstract

Teknologi 3D printing dan 3D scanning merupakan teknologi yang mengalami perkembangan pesat dan semakin luas penggunaannya. Teknologi ini memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam berbagai bidang seperti manufaktur, konstruksi, kesehatan dan desain produk. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan teknologi 3D printing dan 3D scanning kepada dosen, mahasiswa, dan pelajar SMA/SMK, tetapi juga untuk mengeksplorasi tingkat pemahaman, penggunaan, serta kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Berdasarkan kuesioner yang dikumpulkan dari peserta dengan latar belakang pendidikan yang beragam, artikel ini mengidentifikasi sejumlah kendala teknis utama, termasuk kesulitan dalam pengaturan perangkat 3D printer/scanner, keterbatasan material, kesulitan dalam penggunaan perangkat lunak, kualitas hasil printing, serta kendala biaya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam menggunakan teknologi ini. Namun, penerapan teknologi masih menghadapi beberapa hambatan teknis yang perlu diatasi. Kata kunci: 3D Printing, 3D Scanning, Teknologi 3D, Pengabdian Masyarakat, Tantangan

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Teddy Ardiansyah
Date Deposited: 16 Aug 2025 12:46
Last Modified: 16 Aug 2025 12:46
URI: http://repository.istn.ac.id/id/eprint/13353

Actions (login required)

View Item View Item